ASPEK BIOLOGI KUDA LAUT

15 02 2009

A. Morfologi

Kuda laut (Seahorse) atau tangkur kuda sebagai salah satu jenis ikan mempunyai bentuk yang sangat unik dan berbeda dari jenis ikan pada umumnya. Kepala kuda laut berbentuk segitiga dan meyerupai kepala kuda, moncongnya panjang dan meruncing, membentuk sudut 90 derajat dari badannya. Ekornya memanjang, runcing pada bagian ujungnya dan berfungsi sebagai alat pemegang.

Kuda laut memiliki kantong telor yang berfungsi untuk tempat mengasuh anak-anaknya seperti pada kangguru, namun perbedaannya pada kuda laut yang memiliki kantong adalah jenis yang jantan, sedangkan pada kangguru yang memiliki kantong adalah betina. Bagian tubuh kuda laut tidak ditutupi oleh sisik melainkan oleh berlapis-lapis keeping tulang yang menyerupai perisai.

Kuda laut memiliki kemiringan dengan Syngnathoides spp dan Corythoichthys spp seperti pada Gambar 1, walaupun spesies tersebut masih satu family (family Syngnathidae) tetapi hewan tersebut bukan kuda laut, beberapa cirri yang membedakan dinataranya adalah antara kepala dan badan tidak membentuk segitiga atau sudut dan ekornya bukan merupakan alat pegangan.

kudalaut

Gambar 1. Morfologi kuda laut

B. Klasifikasi

Kuda laut termasuk dalam family Synggathidae, spesies ini hanya mempunyai satu genus, yaitu Hppocampus, dalam bahasa Yunani hippo berarti kuda, sedangkan campus berarti hantu laut. Klasifikasi kuda laut adalah sebagai berikut:

Phylum : Chordata

Subphylum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Subkelas : Teleostomi

Ordo : Gasterosteiformes

Famili : Syngnathidae

Genus : Hippocampus

Spesies : Hippocampus spp

Daftar Pustaka :

1. DKP. 2004. Pembenihan Kuda Laut. http://www.dkp.go.id/content.php?c:1301.

2. Effendie, M.I. 2002. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara.Yogyakarta.

3. Saanin, H. 1988. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan 1. Penerbit Binacita. IKAPI.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar